11 Manfaat dan Khasiat Kunyit Merah untuk Kesehatan | KONTES SEO INDONESIA

11 Manfaat dan Khasiat Kunyit Merah untuk Kesehatan

Kunyit merah adalah salah satu bahan masakan yang harus ada di dapur sebagai pelengkap. Kunyit merah atau yang biasa dikenal dengan kuni...



Kunyit merah adalah salah satu bahan masakan yang harus ada di dapur sebagai pelengkap. Kunyit merah atau yang biasa dikenal dengan kunir ini merupakan salah satu tanaman obat yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara saja. Tanaman ini tergolong dalam kelompok jahe-jahean dan temu-temuan yang sangat berkhasiat. Meskipun sebenarnya tidak hanya sebagai bumbu pelengkap namun masyarakat lebih dulu mengenal bahan ini sebagai bumbu masakan. Beberapa masakan yang sering menggunakan kunyit merah di dalamnya adalah masakan berkuah santan seperti gulai, lodeh, soto, dan lain sebagainya. Fungsi dari kunyit merah adalah untuk memberikan warna kuning pada masakan.


Perlu Anda ketahui bahwa fungsi dari kunyit merah tidak hanya untuk pelengkap bumbu masakan. Kunyit memiliki fungsi sendiri yang sangat banyak terutama untuk kesehatan tubuh. Dalam dunia farmasi kunyit adalah salah satu bahan obat yang kualitasnya bersaing dengan obat paten. Alhasil bahan rempah ini mampu menyembuhkan penyakit radang sendi atau osteo arthritis. Tidak hanya itu, sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari kunyit merah ini. Berikut beberapa manfaat dan khasiat kunyit merah untuk kesehatan…

1. Menurunkan Tekanan Darah
Dengan kunyit ternyata tekanan darah bisa disembuhkan dengan mudah. Caranya adalah dengan menyiapkan 50 gram daun pegagan, 300 cc madu asli, 3 ibu jari kunyit yang masih segar, dan 500 cc air. Setelah itu cincang daun pegagan dan kunyit secara kecil-kecil, kemudian rebus dalam air 500 cc hingga tersisa 150 cc. tunggu sebentar, setelah dingin minumlah secara teratur.
2. Menurunkan Panas Demam
Panas dalam adalah salah satu gejala yang sering timbul pada anak-anak karena system kekebalan tubuh yang kurang stabil. Untuk membuat ramuan menurunkan panas demam Anda perlu memarut 20 gram kunyit yang masih segar dan masukan kedalam air panas sebanyak 100 ml, aduk perlahan sampai kunyit larut dengan air. Tadahkan larutan kunyit dengan lap bersih kemudian peras dengan membungkusnya. Air perasan yang sudah ada minumlah dengan takaran normal disetiap harinya terutama ketika panas dalam menghadang
3. Menghilangkan bau badan dari Dalam
Bau badan adalah sesuatu yang membuat seseorang menjadi tidak nyaman untuk beraktivitas. Jangankan dirinya orang lain yang dekat dengan nya pun akan terganggu jika ada bau badan yang tercium. Untuk mengatasinya Anda bisa memanfaatkan kunyit sebagai penghilang bau badan dari dalam. Caranya adalah siapkan 2 ruas ibu jari kunyit kemudian parut, larutkan dalam 2/3 gelas air matang hangat yang sudah dicampurkan dengan gula aren, aduk kemudian minum satu kali sehari sebelum tidur. 

4. Menghilangkan Gatal Karena Cacar Air
Meskipun kebanyakan hanya terjadi sekali seumur hidup namun cacar air adalah salah satu penyakit yang mengganggu. Apalagi cacar air memberikan bekas pada kulit. Agar tidak terlalu gatal ketika diserang cacar air maka silahkan buat ramuan dari kunyit untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menyampurkan sepotong rimpang kunyit dengan segenggam daun asam, blender hingga halus, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena cacar. Agar hasil lebih baik lakukan pengolesan selama 3 kali dalam sehari. 

5. Mencegah Malaria
Malaria atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini sangat menyeramkan. Kunyit memiliki zat yang mampu membunuh penyakit malaria yang akan masuk kedalam tubuh. Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit, kulit pule, kayu cendana, kulit pohon keningar, daun jering antan, minyak kayu putih 6 tetes, dan 500 air matang. Haluskan semua bahan selain minyak kayu putih. Rebus kedalam air dan minum ramuan setelah dingin 3 kali sehari. 

6. Menyembuhkan diare
Diare memang penyakit wajar yang sering terjadi jika seseorang tidak memerhatikan pola makan atau makanan yang dimakan. Untuk menyembuhkan dengan resep kunyit caranya adalah dengan menyiapkan 3 biji ketumbar, I buah kayu ules, 1 lembar daun tawas, setengah jari rimpang kunyit, dan setengah rasuk angina. Campur semua bahan kemudia rebus kedalam gelas sampai mendidih. Saring air rebusan kemudian minum obat sehari 2 kali. 

7. Menambah Stamina
Stamina atau energy jika tidak stabil akan membuat seseorang tidak bisa beraktifitas dengan normal. Untuk mengembalikan stamina Anda perlu menyiapkan perasan kunyit, I butir telur, dan perasan jeruk nipis. Masukan semua bahan dalam gelas aduk hingga tercampur dan minum setelah dingin.


Itulah beberapa manfaat yang diberikan oleh kunyit merah . Sebenarnya ada juga manfaat lain yang diberikan oleh kunyit merah antara lain:
  • Menyembuhkan borok
  • Mengatasi keputihan
  • Menyembuhkan radang pada gusi
  • Melancarkan datang bulan
Sangat banyak bukan manfaat yang diberikan oleh kunyit merah ini? bahan alami memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan manusia.

COMMENTS

Name

cerpenkiu,5,Features,31,testimony,7,tips,32,
ltr
item
KONTES SEO INDONESIA: 11 Manfaat dan Khasiat Kunyit Merah untuk Kesehatan
11 Manfaat dan Khasiat Kunyit Merah untuk Kesehatan
https://4.bp.blogspot.com/-bW5p11bWXdw/W1uGYLoIEeI/AAAAAAAAAL8/JxiZdoEK1Jw5iUJ806XUBa_0Y9CbuX4pwCLcBGAs/s320/Kunyit-Merah.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-bW5p11bWXdw/W1uGYLoIEeI/AAAAAAAAAL8/JxiZdoEK1Jw5iUJ806XUBa_0Y9CbuX4pwCLcBGAs/s72-c/Kunyit-Merah.jpg
KONTES SEO INDONESIA
http://seokiu.blogspot.com/2018/07/Manfaat-dan-Khasiat-Kunyit-Merah-untuk-Kesehatan.html
http://seokiu.blogspot.com/
http://seokiu.blogspot.com/
http://seokiu.blogspot.com/2018/07/Manfaat-dan-Khasiat-Kunyit-Merah-untuk-Kesehatan.html
true
8200682501192642215
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy