Sering di sepelehkan ternyata kulit kakao memiliki 19 Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan | KONTES SEO INDONESIA

Sering di sepelehkan ternyata kulit kakao memiliki 19 Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan

Coklat merupakan salah satu makanan atau camilan yang menjadi favorit semua kalangan terutama pada usia remaja menuju dewasa. Kita be...



Coklat merupakan salah satu makanan atau camilan yang menjadi favorit semua kalangan terutama pada usia remaja menuju dewasa. Kita beranggapan bahwa selama ini yang dibuat untuk bahan cokelat adalah kulit coklat itu sendiri. Ternyata anggapan kita selama ini salah. Sebenarnya bahan dasar yang dipakai untuk coklat ada bijinya, namun biji coklat hanya mengambil proporsi hanya 25% dari berat totalnya. Jadi bisa membayangkan berapa persen dari jumlah total yang tidak terpakai. Maka dari itu, masalah limbah coklat atau limbah buah kakao ini mulai banyak dipikirkan bagaimana pemanfaatannya.

Nah, karena jumlah yang terpakai untuk bahan dasar pembuatan coklat atau kakao hanya sedikit, tak jarang bagian kulit dan daging pada buah kakao ini akan kita buang begitu saja dan dijadikan sampah yang tak memiliki manfaat dan nilai jual.

Padahal, penelitian yang dilakukan oleh Irma Nofitahesti yang juga salah satu Dosen dari Universitas Hasanudin Fakultas Farmasi, kulit coklat dapat diubah menjadi obat herbal dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Kulit Kakao mengandung aneka senyawa penting bagi tubuh. Senyawa tersebut antara lain, polifenol dalam kadar tinggi, antioksidan, zat antibakteri dan teobromin. Dengan kandungan yang sedemikian banyak, tak heran jika kulit buah yang biasa dijadikan perisa coklat ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Adapun manfaat tersebut antara lain :
1. Mengobati Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit pembunuh yang cukup ditakuti. Kanker biasanya berkembang dengan cepat dan baru diketahui jika sudah memasuki stadium akhir. Metode penyembuhan kanker yang paling tepat adalah dengan melakukan kemoterapi atau tindakan pembedahan. Namun, jika Kanker masih dalam stadium awal, Anda bisa mencoba solusi alternatif melalui pengobatan herbal.

Salah satu obat herbal mujarab yang bisa mengobati kanker adalah kulit coklat. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol dalam kulit berongga ini mampu menekan pertumbuhan sel kanker.

Untuk mengambil manfaatnya, Anda bisa merebus kulit Kakao lalu meminum airnya. Cara lain yang lebih praktis adalah dengan mengolahnya sebagai jus.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Selain dapat mengobati kanker, kandungan dalam kulit kakao juga dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini tentunya sangat berguna bagi Anda penderita hipertensi dan sebagai bentuk pencegahan stroke.

3. Menyehatkan Jantung

Karena memiliki efek menurunkan tekanan darah, sudah pasti kulit kakao dapat meringankan kinerja jantung. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu meregenerasi sel dan mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Sebagai Obat HIV/AIDS

HIV/AIDS sampai sekarang belum ditemukan obat untuk penyembuhan penghilang virus yang masuk kedalam tubuh. Hanya saja terdapat obat vaksinasi untuk menghambat pertumbuhan virusnya.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh salah satu satf pengajar Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin Sartini, menyebutkan bahwa kulit kakao mengandung zat yang dapat menyembuhkan penyakit HIV/AIDS.

5. Menurunkan Kadar Kolestrol

Seseorang yang mengalami kadar kolestrol yang cukup tinggi jika tidak segera di obati akan menyembabkan penyakit yang berkelanjutan yaitu stroke. Jadi memerlukan penanganan yang cukup serius untuk penyakit ini agar tidak berakibat fatal.

Cara pengobatan yang dapat dilakukan banyak sekali salah satunya dengan menggunakan Kulit kakao ini dapat dijadikan obat penurun kolesterol dalam bentuk sebagai suplemen makanan.

6. Anti Obesitas

Obesitas merupakan salah satu penyakit kelebihan berat badan melebihi batas yang ditentukan. Penanganan yang teliti sangat diperlukan untuk penyakit ini, jika penyakit ini tidak segera mendapat penangan yang baik akan menimbulakan kematian pada penderitanya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk penyembuhan penyakit ini misalnya dengan menjaga ketat pola makannya dan juga memberikannya obat. Kulit kakao yang mengandung teobromin ini di percaya dapat menyembuhkan penyakit obesitas.

7. Anti Bakteri pada gigi

Penelitian yang dilakukan oleh para Dokter gigi dari fakultas kedokteran gigi Universitas Hasanudin, kandungan anti bakteri yang ditemukan pada gigi ini terdapat pada kulit coklat. Kandungan tamin yang terdapat didalamnya mampu mencegah bakteri masuk pada gigi, kulit kakao ini digunakan sebagai campuran untuk bahan pembuatan pasta gigi.

8. Mengangkat Sel-sel Kulit mati

Wajah yang sehat, cerah dan mulus merupakan dambaan semua orang. Salah satunya adalah dengan cara menghilangkan sel-sel kulit yang sudah mati atau rusak. Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk perawatan ini misalnya dengan facial atau dengan menggunakan produk-produk kosmetik yang menimbulkan dampak ketergantungan untuk pemakainya.

Dengan menggunakan kulit kakao ini sebagai bahan campuran untuk perawatan yaitu sebagai scrub, yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

9. Sebagai Antioksidan

Manfaat lain dari kulit kakao yaitu sebagai antioksidan, yang dapat diolah sebagai krim dan lulur. Kandungan ini sangat bagus digunakan untuk relaksasi tubuh yang semula letih, lesu akan menjadi bugar kembali dengan memakai lulur dari kulit kakao ini.

10. Mengobati Stres

Selain untuk relaksasi kandungan antioksidan ini juga mampu untuk mengobati stress. Caranya, gunakan kulit kakao sebagai campuran minuman hangat. Cara ini relatif lebih aman jika dibandingkan dengan menenangkan pikiran menggunakan kafein.


9 Manfaat dan Khasiat Kulit Kakao Lainnya

11. Mengobati diare

12. Menurunkan berat badan

13. Membangkitkan energi

14. Mengatasi bau mulut

15. Meningkatkan kesehatan mata

16. Menyehatkan tulang

17. Memproteksi kulit dari sengatan matahari

18. Mengencerkan darah

19. Mengobati penyakit hati


Setelah mengetahui begitu banyak manfaat atau khasiat yang terkandung dalam kulit kakao ini, masih berpikirkah Anda untuk membuangnya ? Sebaiknya, urungkan niat Anda dan mulailah mengkonsumsi buah tak hanya sebatas pada dagingnya saja. Terkadang, kulit buah yang kita buang begitu saja justru memiliki manfaat lebih bagi kesehatan, kulit buah coklat yang sudah dipaparkan di atas contohnya.

COMMENTS

Name

cerpenkiu,5,Features,31,testimony,7,tips,32,
ltr
item
KONTES SEO INDONESIA: Sering di sepelehkan ternyata kulit kakao memiliki 19 Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan
Sering di sepelehkan ternyata kulit kakao memiliki 19 Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan
https://1.bp.blogspot.com/-h1L6iDAG-qE/W-3gKnzFtAI/AAAAAAAAASs/eUKw2Xi4HrgpVE-rIgcgQrsQfuR7PBY6QCLcBGAs/s640/kakao-cokelat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-h1L6iDAG-qE/W-3gKnzFtAI/AAAAAAAAASs/eUKw2Xi4HrgpVE-rIgcgQrsQfuR7PBY6QCLcBGAs/s72-c/kakao-cokelat.jpg
KONTES SEO INDONESIA
http://seokiu.blogspot.com/2018/11/sering-di-sepelehkan-ternyata-kulit.html
http://seokiu.blogspot.com/
http://seokiu.blogspot.com/
http://seokiu.blogspot.com/2018/11/sering-di-sepelehkan-ternyata-kulit.html
true
8200682501192642215
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy