13 Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk Nipis untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui | KONTES SEO INDONESIA

13 Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk Nipis untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui

Segudang manfaat Kulit Jeruk Nipis untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui NUSANTARA , Jeruk nipis merupakan salah satu jeruk y...



Segudang manfaat Kulit Jeruk Nipis untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui

NUSANTARA, Jeruk nipis merupakan salah satu jeruk yang sering dijadikan bumbu masak oleh nenek moyang kita dari jaman dulu hingga sekarang. Tak seperti jeruk lemon, jeruk nipis memiliki bentuk sedikit lebih bulat. Tak hanya itu, kulit jeruk nipis juga memiliki warna hijau penuh dan berpori halus.

Jeruk nipis biasanya digunakan untuk menetralisir bau amis. Air perasannya terkadang juga dijadikan campuran minuman agar terasa lebih segar.

Selama ini, penggunaan jeruk nipis hanya sebatas pada air perasannya saja. Sedangkan kulit jeruk nipis biasanya dibuang begitu saja karena dianggap memiliki citarasa pahit. Padahal, kulit jeruk jenis ini memiliki khasiat yang tak kalah besar dibandingkan airnya yang masam menyegarkan.

1. Anti Kolesterol

Hampir sama dengan buahnya, kulit jeruk nipis memang dipercaya dapat menghadang kolesterol jahat yang datang ke tubuh. Senyawa anti kolesterol umumnya mudah didapatkan di bagian kulit buah jeruk. Kulit jeruk nipis yang cukup tipis memang membantu memerangi LDL atau jenis kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh akibat gaya hidup dan faktor makanan.

2. Membantu Merawat Jantung

Karena dipercaya dapat mengatasi kolesterol, otomatis jantung pun ikut dirawat. Sebab pada bagian kulit jeruk terdapat senyawa yang juga menggerus plak kolesterol yang tersusun di luar jantung. Sehingga kalau plak yang ada sudah dilibas, otomatis akan menyehatkan jantung.

3. Mengatasi Rasa Mulas Pada Perut

Sering mengalami mulas pada bagian perut bisa diatasi dengan khasiat kulit jeruk nipis. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa kimia yang ada di bagian kulit jeruk dapat mengatasi rasa mulas di perut.

4. Mengatasi Maag

Adapun selain sakit mulas pada perut, khasiat kulit jeruk dapat dimanfaatkan sebagai obat maag. Dengan berturut-turut menggunakan kulit buah jeruk nipis, maag akan berangsur-angsur sembuh dan hilang.

5. Menghilangkan Rasa Mual

Bukan hanya untuk mengatasi gangguan perut, manfaat kulit jeruk nipis adalah dapat menghilangkan rasa mual. Bau yang khas dari kulit jeruk menjadi aroma terapi yang mudah diterima oleh tubuh. Terutama bagi yang sering menderita mabuk perjalanan laut, sangat disarankan agar membawa kulit jeruk nipis sebagai penangkal mabuk. Selain murah juga alami dan aroma yang sangat menenangkan pikiran.

6. Membantu Menyehatkan Pencernaan

Tak hanya bisa membuat rasa mual kabur, kulit jeruk nipis bisa membantu menyehatkan bagian pencernaan. Pencernaan yang sehat tentu saja akan membuat tubuh juga ikut sehat. Caranya sangat mudah sekali. Saat Anda mengonsumsi teh panas, peras kulit jeruk nipis yang kemudian diaduk agar tercampur rata. Hal ini bisa membuat pencernaan sehat karena menurut penelitian 100 gram kulit jeruk mengandung 10,6 gram serat yang bagus untuk tubuh.

7. Mencegah Sindrom Iritasi Usus

Selain dapat menyehatkan pencernaan, kulit jeruk nipis dapat bermanfaat sebagai pencegah sindrom iritasi pada usus. Usus merupakan bagian tubuh yang rawan kuman dan bakteri dari makanan. Untuk melawan kuman tersebut, dapat diatasi dengan bagian kulit jeruk yang diekstrak jadi teh dan sebagainya.

8. Mencegah Kanker Kulit

Flavonoid yang terdapat di kulit jeruk nipis mengandung vitamin C yang juga menghambat pertumbuhan sel kanker. Bagi Anda yang ingin sehat dan jauh dari kanker kulit, gunakan kulit jeruk sebagai anti kanker. Penyakit kanker adalah penyakit yang merenggut banyak jiwa saat ini.

9. Mencegah Kanker Paru-paru

Paru-paru adalah organ yang sangat vital bagi manusia. Sebisa mungkin untuk selalu dijaga agar tetap sehat dan tak terkena apa-apa. Namun karena gaya hidup yang kurang sehat, banyak yang terkena kanker paru-paru. Untuk mencegah hal tersebut, Anda juga bisa menyeduh kulit jeruk nipis sebagai campuran teh.

10. Mengusir Gigitan Nyamuk

Kulit jeruk mengeluarkan aroma yang tak disukai oleh nyamuk. Pun demikian dengan aroma yang keluar dari kulit jeruk nipis. Oleh karena itu, air perasan kulit jeruk ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami pengusir nyamuk.

11. Meringankan Penyakit Bronkitis

Aroma yang dihasilkan kulit jeruk nipis tak hanya dapat mengusir nyamuk saja. Jika diseduh dengan air hangat, aroma yang keluar dari kulit jeruk juga memiliki efek menenangkan dan melegakan pernafasan sehingga sangat baik bagi penderita bronkitis.

12. Menurunkan Berat Badan

Sudah bukan rahasia lagi kalau jeruk nipis sangat ampuh dalam membantu penurunan berat badan. Namun tak cukup buahnya saja, kulit jeruk nipis juga bisa untuk program penurunan berat badan. Caranya kulit jeruk diiris tipis yang sebelumnya harus dicuci dengan bersih. Lalu dicampurkan ke dalam air panas yang bisa diminum untuk mengurangi berat badan.

13. Menyembuhkan Flu

kulit jeruk nipis juga bisa untuk menyembuhkan flu karena mengandung antioksidan yang bagus untuk sistem imun manusia.


Ternyata bukan Cuma daging buahnya saja yang memiliki khasiat bagi kesehatan, beberapa jenis kulit buah terkadang juga memiliki khasiat yang tak kalah besar dibanding daging buahnya, tak terkecuali kulit jeruk nipis. Jadi, mulai sekarang jangan dibuang dulu kulit buahnya. Jika memang belum terlalu perlu dengan kulitnya, cobalah keringkan dan jemur dibawah terik matahari. Selain mengurangi rasa pahit, cara seperti ini juga bisa membuat kulit jeruk nipis memiliki masa simpan lebih lama guys.

COMMENTS

Name

cerpenkiu,5,Features,31,testimony,7,tips,32,
ltr
item
KONTES SEO INDONESIA: 13 Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk Nipis untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui
13 Manfaat dan Khasiat Kulit Jeruk Nipis untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui
https://1.bp.blogspot.com/-LOEV-jkK4mA/W-XxDbES9xI/AAAAAAAAASU/6PxZVuy0Cs0YGOvkvDN1Fw-YZbks_jAowCLcBGAs/s640/Jeruk-nipis.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LOEV-jkK4mA/W-XxDbES9xI/AAAAAAAAASU/6PxZVuy0Cs0YGOvkvDN1Fw-YZbks_jAowCLcBGAs/s72-c/Jeruk-nipis.jpg
KONTES SEO INDONESIA
http://seokiu.blogspot.com/2018/11/13-manfaat-dan-khasiat-kulit-jeruk.html
http://seokiu.blogspot.com/
http://seokiu.blogspot.com/
http://seokiu.blogspot.com/2018/11/13-manfaat-dan-khasiat-kulit-jeruk.html
true
8200682501192642215
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy